Beranda | Universitas Sumatera utara (2024)

Beranda | Universitas Sumatera utara (1)

Selamat datang di Website

Beranda | Universitas Sumatera utara (2)

Tentang USUBeranda | Universitas Sumatera utara (3)Youtube Channel

Beranda | Universitas Sumatera utara (5)

Liputan Utama5.396 Peserta SMM USU Perebutkan 2.891 KursiKenapa turun? Karena yang lulus ujian SNBT kan nggak boleh daftar ujian mandiri, otomatis ada penurunan, jelas Rektor USU.USU Pastikan Tidak Ada Mahasiswa Gagal Kuliah Akibat UKT

Rektor USU Dialog Terbuka dengan Mahasiswa Terkait UKTRektor Prof. Muryanto Amin menjelaskan, bahwa kenaikan UKT merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Permendikbudristek) No. 2 Tahun 2024. Penyesuaian UKT tak bisa dihindarkan karena ada gap/kesenjangan antara kebutuhan biaya kuliah per mahasiswa dengan sumber pendanaan yang tersedia.

Pelepasan Delegasi Mahasiswa USU untuk Tiga Ajang Bergengsi21 Agustus 2024Momentum Perayaan 72 Tahun FK USU: Dedikasi, Inovasi, dan Kebersamaan21 Agustus 202452 Insinyur Baru USU Resmi Dilantik21 Agustus 2024USU dan Kemenlu Dukung Diplomasi Di Kalangan Mahasiswa21 Agustus 2024Digitalks Series: Pekan Qris Nasional 202421 Agustus 2024

Lihat Berita Lainnya

Dengan inovasi dan kolaborasi, Universitas Sumatera Utara berkontribusi dalam mendorong inovasi dan keberlanjutan, demi lingkungan yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Selengkapnya tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutanarrow_forward

Tujuan 1Tanpa Kemiskinan
Tujuan 2Tanpa Kelaparan
Tujuan 3Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Tujuan 4Pendidikan Berkualitas
Tujuan 5Kesetaraan Gender
Tujuan 6Air Bersih dan Sanitasi Layak
Tujuan 7Energi Bersih dan Terjangkau
Tujuan 8Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
Tujuan 9Industri, Inovasi, dan Infrastruktur
Tujuan 10Berkurangnya Kesenjangan
Tujuan 11Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
Tujuan 12Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
Tujuan 13Penanganan Perubahan Iklim
Tujuan 14Ekosistem Lautan
Tujuan 15Ekosistem Daratan
Tujuan 16Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh
Tujuan 17Kemitraan untuk Mencapai Tujuan
Tujuan 1Tanpa Kemiskinan
Tujuan 2Tanpa Kelaparan
Tujuan 3Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Tujuan 4Pendidikan Berkualitas
Tujuan 5Kesetaraan Gender
Tujuan 6Air Bersih dan Sanitasi Layak
Tujuan 7Energi Bersih dan Terjangkau
Tujuan 8Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
Tujuan 9Industri, Inovasi, dan Infrastruktur
Tujuan 10Berkurangnya Kesenjangan
Tujuan 11Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
Tujuan 12Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
Tujuan 13Penanganan Perubahan Iklim
Tujuan 14Ekosistem Lautan
Tujuan 15Ekosistem Daratan
Tujuan 16Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh
Tujuan 17Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Beranda | Universitas Sumatera utara (48)

Riset Unggulan

Riset Unggulan Universitas Sumatera Utara adalah kontribusi kami dalam perkembangan ilmiah terkini.Riset Unggulan Lainnyaarrow_forward

Artikel PenelitianMengungkap Rahasia Flutter Supersonik pada Cangkang Konikal Berlapis16 Agustus 2024Artikel PenelitianPropolis: Obat Kuno dengan Potensi Modern16 Agustus 2024Artikel PenelitianPerjalanan Sekam Padi menjadi Silika Nanopartikel: Material Berharga di Masa Depan16 Agustus 2024

Beranda | Universitas Sumatera utara (52)

Beranda | Universitas Sumatera utara (53)

1201-1400QS World University Ranking

Beranda | Universitas Sumatera utara (54)

3QS Stars

1501+THE World University Ranking

801-1000THE World Impactful Ranking

601+THE Asia University Ranking

401-450Asia University Ranking

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah universitas negeri yang terletak di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. USU berdiri dengan nama Yayasan Universitet Sumatera Utara pada 4 Juni 1952.

Selengkapnya tentang USUarrow_forward

Universitas Sumatera Utara didirikan pada

4 Juni 1952

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ・INovatif dan Berintegritas ・TANGguh dan Arif

Beranda | Universitas Sumatera utara (55)

42.687Mahasiswa

Beranda | Universitas Sumatera utara (56)

17Fakultas/Sekolah

Beranda | Universitas Sumatera utara (57)

14Program Diploma

Beranda | Universitas Sumatera utara (58)

51Program Sarjana

Beranda | Universitas Sumatera utara (59)

68Program Pascasarjana

Beranda | Universitas Sumatera utara (60)

31Program Profesi dan Spesialis

153Guru Besar

357Lektor Kepala

628Lektor

109Staf Pengajar

260Asisten Ahli

811HaKI

Beranda | Universitas Sumatera utara (61)Beranda | Universitas Sumatera utara (62)Beranda | Universitas Sumatera utara (63)Beranda | Universitas Sumatera utara (64)

Beranda | Universitas Sumatera utara (65)

Beranda | Universitas Sumatera utara (66)

Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu kunci terpenting bagi bangsa dan negara untuk bertahan dalam persaingan global dan merupakan bidang kesejahteraan nasional yang paling strategis.

Sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter merupakan prasyarat bagi pembangunan peradaban yang tinggi. Universitas Sumatera Utara (USU) berusaha memajukan SDM di Indonesia melalui pendidikan berkualitas guna menyejahterakan bangsa dan negara. Tersedia berbagai program pendidikan vokasi, sarjana, profesi, magister, spesialis, sub spesialis dan doktoral yang dapat Anda pilih sesuai minat dan bakat untuk mendukung karier dan keahlian profesional Anda pada masa depan.

Program DiplomaProgram Vokasi USU menawarkan berbagai bidang studi jenjang pendidikan diploma yang berfokus pada pengalaman nyata dan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam dunia kerja.Program SarjanaProgram Sarjana USU memberikan pendidikan mendalam pada bidang studi yang dipilih untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pemikiran analitis untuk sukses di karier dan kehidupan.Program ProfesiProgram Profesi USU menawarkan bidang studi tertentu untuk melatih praktisi dengan pengetahuan mendalam, keterampilan praktis, dan etika professional untuk menghasilkan lulusan dengan memiliki keahlian khusus dalam karier yang spesifik.Program MagisterProgram Magister USU menawarkan bidang studi dengan pendalaman pengetahuan dan penelitian untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan lanjutan untuk berkontribusi pada pemecahan masalah kompleks dan inovasiProgram DoktoralProgram Doktoral menawarkan bidang studi yang membawa mahasiswa ke tingkat keahlian tertinggi untuk mempersiapkan lulusan sebagai pemimpin dan kontributor utama dalam penelitian dan inovasi ilmiahProgram SpesialisProgram Spesialis dan Sub Spesialis menawarkan bidang studi yang memberikan pendidikan dan pelatihan klinis lanjutan dalam bidang medis untuk menjadikan lulusan yang terampil dalam diagnosis, pengobatan, dan manajemen kondisi kesehatan kompleks.

Beranda | Universitas Sumatera utara (73)

Penelitian

Universitas Sumatera Utara, penelitian tentang teknologi, kesehatan dan masyarakat menjadi satu.

Selengkapnya tentang Penelitianarrow_forward

Beranda | Universitas Sumatera utara (74)

Pengabdian Masyarakat

Universitas berkomitmen untuk menerapkan penelitian terbaru dalam kontribusi sosial.

Selengkapnya tentang Pengabdian Masyarakatarrow_forward

Beranda | Universitas Sumatera utara (75)

Kampus Merdeka

Universitas berkomitmen untuk menerapkan penelitian terbaru ke dalam kehidupan kerja dan memecahkan masalah kecil dan besar.

Selengkapnya tentang Kampus Merdekaarrow_forward

Welcoming the Internationals

Explore a vibrant academic community at our university, welcoming international students with open arms. Embrace a dynamic learning environment where diverse backgrounds enrich the educational experience. Join us in fostering cultural exchange and understanding as we build a supportive global community. Welcome to an inclusive journey of education at our university.

More about USUarrow_forward

Beranda | Universitas Sumatera utara (76)

Mahasiswa Baru

Selamat datang di komunitas universitas kami! Bagi mahasiswa baru, kami siap menyediakan sumber daya dan dukungan untuk memastikan kesuksesan akademis dan pengembangan pribadi Anda. Temui dosen berkualitas, nikmati keberagaman kurikulum, dan rasakan atmosfer kampus yang dinamis. Selamat menjalani perjalanan pendidikan yang seru dan bermakna di universitas kami!

Selengkapnya tentang Mahasiswa baruarrow_forward

Beranda | Universitas Sumatera utara (77)

Pengumuman

Pengumuman Lainnyaarrow_forward

Rabu, 24 Juli 2024TATACARA PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU YANG DITERIMA MELALUI JALUR SMM 2024Kamis, 11 Juli 2024TATACARA PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU YANG DITERIMA MELALUI JALUR SBPU 2024Kamis, 11 Juli 2024TATACARA PENDAFTARAN ULANG MAHASISWA BARU YANG DITERIMA MELALUI JALUR SMM PTN BARAT 2024Jumat, 05 Juli 2024KEPUTUSAN REKTOR TENTANG PENETAPAN BIAYA KULIAH TUNGGAL (BKT), TARIF UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) DAN IURAN PENGEMBANGAN INSTITUSI (IPI) MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI PROFESI APOTEKER, PROFESI PSIKOLOGI, PROFESI INSINYUR DAN PROFESI ARSITEK DI LINGKUNGAN UNIVJumat, 05 Juli 2024PERUBAHAN KEDUA KEPUTUSAN REKTOR TENTANG PENETAPAN TARIF UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) DAN IURAN PENGEMBANGAN INSTITUSI (IPI) MAHASISWA BARU PROGRAM STUDI MAGISTER/MAGISTER TERAPAN, DOKTOR, SPESIALIS DAN SUB SPESIALIS DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Beranda | Universitas Sumatera utara (78)

Kegiatan Universitas

Kenali Universitas Sumatera Utara lebih dalam lagi melalui berbagai kegiatan kami.

Universitas Sumatera Utara aktif dalam menjalankan kegiatan penelitian, Kampus Merdeka, dan pengabdian masyarakat. Melalui penelitian, kami mengembangkan pengetahuan baru yang bermanfaat, sem*ntara program Kampus Merdeka memberikan pengalaman belajar yang luas bagi mahasiswa. Pengabdian masyarakat kami juga memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar, membantu memecahkan berbagai masalah sosial.

Kegiatan PenelitianTiga Dokter FK USU Ikuti Pendidikan Klinis di NHCS15 Februari 2024Kegiatan Penelitian20 Juni 2023Ketertarikannya meneliti dan mengolah limbah chitosan bermula pada tahun 1987 saat melanjutkan pendidikan magisternya di Universitas Kebangsaan Malaysia. Saat itu, Guru Besar FMIPA USU ini melakukan penelitian menggunakan bahan-bahan kimia aromatik. Menurutnya, Chitosan memiliki banyak potensi.Guru Besar USU Ubah Limbah Kulit Udang Jadi Bahan Face SerumKegiatan PenelitianKolaborasi Riset USU Turunkan Angka Stunting di Sergai27 April 2023

arrow_forward_iosKegiatan Penelitian Lainnya

Kampus Merdeka25 Juni 2024Program ini merupakan bagian pengalamaan yang sangat penting untuk kalian berani keluar dari kota asal kalian dan 5 bulan merupakan waktu yang singkat ya untuk kita dan berharap ini membawa pelajaran untuk mahasiswa pertukaran yang ada di USU saat ini, tutur Koordinator PMM USUPelepasan Mahasiswa Inbound PMM Batch 4 Tahun 2024 USUKampus MerdekaPelepasan MSIB Batch 6 T.A 2023/202428 Februari 2024Kampus Merdeka22 Februari 2024”PMM tidak melulu belajar, ada juga kesempatan untuk mengenal budaya, mengenal masyarakat, mengenal suku, mengenal alam dari Provinsi Sumatera Utara,” jelas Dr. Edy.USU sambut 189 Mahasiswa Inbound PMM 4

arrow_forward_iosKampus Merdeka Lainnya

Kegiatan PengabdianTim USU Kembangkan Inovasi Daun Acem-acem Atasi Serangan Hama Lalat Buah15 Agustus 2024Kegiatan Pengabdian29 Juli 2024“Program ini didanai oleh Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara. Dengan program ini, USU berharap dapat berperan langsung dalam melaksanakan konservasi sumberdaya alam dan lingkungan, sekaligus membangun kemitraan strategis dengan berbagai perguruan tinggi mitra nasional maupun internasional".Fahutan Gandeng Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri Laksanakan Abdimas InternasionalKegiatan PengabdianCivitas Fahutan USU Tanam Bibit Mangrove di Kampung Nipah13 Maret 2024

arrow_forward_iosKegiatan Pengabdian Lainnya

Beranda | Universitas Sumatera utara (80)

Agenda Kegiatan

Agenda Akademik

Beranda | Universitas Sumatera utara (81)

Wah Sepi Nih...

Belum ada agenda yang akan datang, coba untuk menghubungi Unit Layanan Terpadu USU.

22 Agustus 2024

arrow_back_ios

arrow_forward_ios

Agustus 2024

Su

Mo

Tu

We

Th

Fr

Sa

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

arrow_back_ios

arrow_forward_ios

Agenda

17Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia

arrow_forward_iosAgenda Selengkapnya

Beranda | Universitas Sumatera utara (2024)

FAQs

Siapa Wr 1 USU? ›

HUMAS USU - Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Universitas Sumatera Utara (USU) Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A. memimpin pelaksanaan apel pagi rutin yang dilaksanakan di halaman Biro Rektor pada Senin, (1/07/2024).

Berapa biaya kuliah di USU? ›

Biaya Kuliah

Bagi mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN/SBMPTN dikenakan UKT mulai dari Rp500.000-Rp10.000.000. Sedangkan untuk jalur mandiri, mahasiswa dikenakan biaya Dana Kelengkapan Akademik (DKA) pada awal masuk kuliah sebesar Rp7.000.000 dan biaya pendidikan mulai dari Rp5.000.000-Rp32.500.000 per-semester.

Kapan bayar UKT USU 2024? ›

Registrasi akademik semester ganjil: Pembayaran UKT 1 Agustus -19 Agustus 2024; Isi KRS 2 Agustus - 20 Agustus 2024; Perbaikan KRS 26 Agustus - 30 Agustus 2024.

Kapan pendaftaran USU Dibuka 2024? ›

Periode pendaftaran seleksi mandiri USU 2024 dibuka mulai 24 Juni sampai 14 Juli 2024. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman seleksi.usu.ac.id.

Siapa pendiri USU? ›

Presiden Soekarno bersama Gubsu Abdul Hakim, menandatangani penegerian Universitas Sumatera Utara, tanggal 20 November 1957.Presiden Soekarno bersama Gubsu Abdul Hakim, menandatangani penegerian Universitas Sumatera Utara, tanggal 20 November 1957.

USU rank berapa? ›

"USU menduduki urutan tujuh di Indonesia atau peringkat 708 dunia. Khusus untuk kategori Research, USU menunjukkan urutan sedikit lebih baik yaitu berada pada 325 dunia atau peringkat 6 nasional.

Gaji 5 juta Masuk UKT berapa? ›

UKT II: Rp 500.000 < Penghasilan ≤ Rp 2.000.000. UKT III: Rp 2.000.000 < Penghasilan ≤ Rp 3.500.000. UKT IV: Rp 3.500.000 < Penghasilan ≤ Rp 5.000.000. UKT V: Rp 5.000.000 < Penghasilan ≤ Rp 10.000.000.

USU akreditasi berapa? ›

Akreditasi Universitas Sumatera Utara (USU) : A.

Berapa biaya tahunan untuk satu tahun kuliah di USU? ›

Biaya kuliah Universitas Negeri Utah adalah $9,228 untuk mahasiswa dalam negeri dan $24,802 untuk mahasiswa luar negeri . Dibandingkan dengan biaya rata-rata nasional untuk biaya kuliah di negara bagian sebesar $11,560, Universitas Negeri Utah lebih murah.

Semester Antara USU bayar berapa? ›

7. SPP Mahasiswa yang mengikuti Semester Antara ditetapkan sebesar Rp. 200.000 per SKS per Mahasiswa, disetor ke Rekening Rektor USU (akan diinfokan kemudian).

Berapa uang pendaftaran jalur mandiri USU 2024? ›

Untuk mendaftar ke SMM atau PSDKU, kamu dikenakan biaya sebesar Rp500.000. Nah, seperti jalur mandiri pada umumnya, kamu juga wajib membayar Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) sebesar Rp15.000.000 – Rp75.000.000. Sedangkan UKT yang harus dibayar setiap semester berkisar di angka Rp8.000.000 – Rp32.500.000.

Berapa jumlah siswa yang diterima di USU? ›

"Pada tahun ini, USU menerima 3.029 calon mahasiswa jalur SNBT dan 762 penerima KIPK dari 61.366 orang pendaftar. Adapun daya tampung yang disediakan USU pada tahun akademik 2024/2025 untuk para calon mahasiswa USU jalur SNBT sebanyak 3.114 kursi."

Siapa saja Rektor USU? ›

Pimpinan
RektorProf. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.
Wakil Rektor bidang SDM dan KeuanganDr. Muhammad Arifin Nasution, S.Sos., M.SP.
Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja samaProf. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S.Si., M.Si., Apt.
4 more rows

Siapa nama Rektor UI sekarang? ›

Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (UI) Saleh Husin melantik Rektor UI periode 2019 – 2024 Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D serta Serah Terima Jabatan Rektor UI dari Prof. Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met kepada Prof. Ari yang dilaksanakan pada Rabu (4/12) di Balai Purnomo UI kampus Depok.

Apakah USU klaster 1? ›

Sesuai dengan pedoman PKM 2024 yang baru diterbitkan, Universitas Sumatera Utara saat ini telah naik ke klaster 1, dengan demikan Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A mengatakan bahwa USU memiliki target peringkat untuk USU pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun ini.

Berapa guru besar di USU? ›

Sebagai informasi, saat ini USU telah memiliki kekuatan 171 orang Guru Besar USU Aktif. Dengan penambahan jumlah guru besar sebanyak 47 orang di tahun 2023, sehingga sejak tahun 2021-2023 USU telah mendapatkan tambahan guru besar sebanyak 66 orang.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Geoffrey Lueilwitz

Last Updated:

Views: 6290

Rating: 5 / 5 (60 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Geoffrey Lueilwitz

Birthday: 1997-03-23

Address: 74183 Thomas Course, Port Micheal, OK 55446-1529

Phone: +13408645881558

Job: Global Representative

Hobby: Sailing, Vehicle restoration, Rowing, Ghost hunting, Scrapbooking, Rugby, Board sports

Introduction: My name is Geoffrey Lueilwitz, I am a zealous, encouraging, sparkling, enchanting, graceful, faithful, nice person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.